Sabtu, 16 Februari 2019

Sirup Belimbing

Sirup Belimbing
www.beritaseoku.net
Kalau biasanya anda minum sirup rasa markisa,jeruk,melon,bagaimana bila mencicipi minuman sirup rasa belimbing? Bila belum pernah dan berniat untuk mencobanya anda bisa datang ke Kota Demak untuk sekedar mencicipi atau membawa pulang sirup ini sebagai buah tangan. Namun,ditoko Bintang Lima ini anda bisa menemukan banyak olahan dari buah Belimbing selain sirupnya loh. 

Kota Demak yang terkenal menyimpan sejuta sejarah tentang masuknya agama islam ini ternyata menyimpan kuliner yang khas yakni buah belimbing. Apa yang membuat buah belimbing di Demak ini berbeda? Disini buah Belimbing memiliki rasa yang manis dengan ukuran yang super jumbo. Dimana ukuran ini jauh lebih besar dibandingkan dengan buah belimbing yang biasa. Banyak sekali para pengunjung yang berkunjung ke kota ini ingin membawa oleh-oleh khas Demak buah belimbing ini yang mana bisa dibawa keperjalanan jauh.

 Tentu saja hal ini sangat ideal dan cocok untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga yang ada dirumah. Oleh-oleh buah belimbing ini sendiri bisa Anda dapatkan dengan mudah karena bisa dibeli disepanjang jalan menuju ke kabupaten Demak ataupun bisa datang langsung kepasar Bintoro Demak yang biasa dijual dengan Rp.12.000 hingga 10.000 per kilonya. 


 Baca juga : Beritaseoku.net

Di Demak juga ada berbagai macam olahan dari buah belimbing. Aneka produk olahan Belimbing yang merupakan buah khas Demak dan Icon Khas Demak. Antara lain Jus Belimbing, Sirup Belimbing, Koktail Belimbing, Selai Belimbing, Kripik Belimbing terbuat dari Buah belimbing asli, segar, sehat, alami. Bintang 5 Khas Demak adalah olahan Belimbing Jus Belimbing, Sirup Belimbing, Koktail Belimbing, Selai Belimbing, Kripik Belimbing terbuat dari Buah belimbing asli.

Belimbing memiliki nilai filosofi dan sejarah di kota Demak dengan lagu lir-ilir yang dipopulerkan oleh sunan kalijaga dalam syiar agama islam di demak dalam menyebarkan agama islam di pulau jawa. Jus Belimbing, Sirup Belimbing, Koktail Belimbing, Selai Belimbing, Kripik Belimbing terbuat dari Buah belimbing asli memiliki manfaat kesehatan antara lain untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol, vertigo dan mengandung vitamin C tinggi untuk menjaga kondisi tubuh. Jus Blimbing, Sirup Blimbing, Koktail Blimbing, Selai Blimbing, Kripik Blimbing terbuat dari Buah blimbing asli yang merupakan buah khas demak.

Di Indonesia dikenal cukup banyak ragam varietas belimbing, diantaranya varietas Sembiring, Siwalan, Dewi, Demak kapur, Demak kunir, Demak jingga, Pasar minggu, Wijaya, Paris, Filipina, Taiwan, Bangkok, dan varietas Malaysia. Tahun 1987 telah dilepas dua varietas belimbing unggul nasional yaitu: varietas Demak Kunir dan Demak Kapur.

Kandungan Gizi Buah Belimbing.
Dalam buah belimbing seberat 100 gram atau sekitar 3,5 onz terkadung beberapa unsur kimia dengan nilai tertentu, antara lain :

Nilai kandungan gizi buah belimbing / 100 g (3.5 oz )

Energi                          : 128 kJ (31 kcal)

Karbohidrat                 : 6.73 g

Gula                            : 3.98 g

Diet serat                     : 2.8 g

Lemak                          :33 g

Protein                         :1.04 g

Asam pantotenat (B5)  : 0.39 mg (8%)

Folat (Vit. B9)              : 12 mg (3 %)

Vitamin C                     : 34.4 mg (57%)

Fosfor                          : 12 mg (2%)

Kalium                         : 133 mg (3%)

Seng                             : 12 mg(1%)

Sumber USDA Nutrient database

Tidak ada komentar:

Posting Komentar